Pakai Vaksin Baru

oleh Hali

Rusia telah sukses menciptakan vaksin sendiri. Vaksin diberi nama Sputnik V. Sputnik V telah dipakai di Rusia sendiri dan negara-negara yang selama ini terafiliasi dengannya. Indonesia telah memesan dan akan memakai pula Sputnik V.

Sebagian negara Eropa tampaknya gengsi bila harus memakai vaksin buatan Rusia. Mereka bisa saja mengatakan kurang percaya di mulut. The New York Times terbitan 5 Februari 2021 telah mengingatkan negara-negara Barat untuk terbuka memakai vaksin bukan hanya buatan Rusia, juga vaksin buatan Tiongkok. Tingkat keamanannya tinggi. Harganya terjangkau sekali.

Setelah debut Sputnik V, kini Rusia maju selangkah lagi. Sekarang telah tercipta satu vaksin baru lagi. Vaksin kali ini diberi nama yang mirip, Sputnik Light. Tidak tahulah, apakah Sputnik  Light ini sebaiknya disebut kakak ataupun adik dari Sputnik V.

Pada tanggal 6 Mei 2021, Menteri Kesehatan Rusia, Mikhael Marushko telah mengumumkan secara resmi. Vaksin Sputnik Light telah resmi hadir.

Paling tidak terdapat tiga keistimewaan yang harus diketengahkan di sini. Biarlah ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat pemakai dan negara lain yang sedang mempertimbangkan untuk membeli vaksin bagi rakyatnya.

Pertama, cukup suntik satu kali. Maksudnya, satu dosis saja. Tidak perlu ada penyuntikan dosis kedua.

Kedua, kemanjurannya mencapai 79,4%. Ini termasuk angka yang tinggi. Dalam kondisi Pandemi Corona yang masih terus menghantui dunia, kemanjuran di angka 60% saja sudah dinilai bagus.

Ketiga, dapat disuntikkan bagi penyintas Corona. Selama ini vaksin tidak dianjurkan bagi para mantan pengidap Covid-19. Sputnik Light justru dianjurkan bagi para penyintas juga.

Ada pun harga vaksin, sangat murah. Pihak Rusia telah mengumumkan harga akan berada di bawah US$ 10. Ini luar biasa murahnya. Lagi pula, suntik hanya satu kali saja, satu dosis saja. Jikalau faktor harga hendak dimasukkan ke dalam salah satu keistimewaannya, maka ini adalah keistimewaan yang keempat.

Sukses buat Rusia! Hidup Sputnik V! Tambah satu lagi sekarang, hidup Sputnik Light! Di tengah langkah dan lambannya produksi vaksin, kehadiran Sputnik Light telah melegakan banyak pihak.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

4 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s