Kategori
Chinese sastra

Batas Air 水浒传 1/4


oleh Hali

Marilah kita mengenal karya legendaris dari Tiongkok! Ada empat novel yang terkenal di seluruh China. Semua pelajar tahu tentang keempat novel tersebut. Sebagian besar mereka pernah membacanya. Paling sedikit mereka pernah menonton filmnya.

Salah satunya adalah Batas Air. Ini adalah nama dari sebuah novel yang terbit pada zaman dinasti Ming. Kisahnya digambarkan dengan latar belakang yang terjadi pada zaman dinasti Song. Terjemahan Bahasa Indonesia sudah lama terbit dengan judul Batas Air. Versi Bahasa Inggrisnya berjudul The Water Margin.

Judul asli Batas Air adalah 水浒传. Batas Air dikategorikan sebagai novel Panjang. Umumnya, novel berisi cerita yang pendek saja. Batas Air tidaklah demikian. Novel ini panjang sekali.

Penulis novel sering disebutkan ada dua nama. Shi Nai-An menulis dua pertiganya. Luo Guan Zhong menulis sepertiga sisanya. Ada pula versi lain yang mengatakan bahwa tidak pernah ada penulis yang bernama Shi Nai-An. Menurut versi ini, Shi Nai-An tidak lain adalah nama pena dari Luo Guan Zhong.

Novel ini telah pula dibuat menjadi game. Game dengan kisah Batas Air pernah muncul di Sega, Nitendo dan Play Station. Luar biasa bukan? Zaman sekarang dengan perkembangan aplikasi digital, tentu juga sudah tersedia aplikasi game-nya. Itu membuktikan bahwa Batas Air memang sangat terkenal.

Bagi orang yang tak mengerti Mandarin, cobalah cari terjemahan bahasa Indonesianya! Bacalah! Bisa pula mencari terjemahan versi Inggrisnya.

Anda juga bisa mencari ringkasan filmnya. Selain itu, Batas Air telah dibuatkan film serialnya. Silahkan cari dan tonton! Kalau Anda tak mengerti Bahasa Mandarin, carilah yang ada subtitle Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesianya! Dijamin, Anda tidak akan pernah bosan!

4 replies on “Batas Air 水浒传 1/4”

Tinggalkan Balasan