Eropa Sempoyongan


Pandemi Corona merebak di dunia pada awal 2020. Begitu tersebar luas, negara Barat langsung terperosot parah. Waktu itu Spanyol, Italia, dan USA menduduki angka penularan harian tertinggi. Iran yang di Asia pun kurang lebih sama kondisinya.

Banyak negara Eropa menerapkan lockdown. Tampaknya tindakan tersebut lumayan membuahkan hasil. Angka penularan menurun. Hanya, angka kematian masih tetap tinggi.

Virus Corona segera bemutasi. Kemudian muncul yang namanya B117. Ini disebut varian Inggris. Varian Inggris tidak lain adalah salah satu dari adik kandung Covid-19. Tingkat bahayanya kurang lebih sama dengan Corona namun kemampuan penularan lebih tinggi daripada Corona. Inilah yang dikhawatirkan oleh banyak orang Eropa dari adiknya Corona.

Pfiser, Moderna, AstraZeneca, lalu Johnson and Johnson bekerja keras. Mereka berhasil memproduksi vaksin bagi Corona. Negara Barat dan Eropa mulai  bangkit perasaan Pedenya. Pede berubah menjadi over-confidence sehingga protokol kesehatan menjadi sangat longgar.

Akibat kelonggaran prokes, terjadilah gelombang ketiga. Wow, Corona hebat sekali, sampai masuk gelombang ketiga! Kembali membangkitkan ketakutan luar biasa di Eropa.

Muncul lagi satu ketakutan baru. Apa itu? AstraZeneca dan Johnson mengakibatkan pengentalan darah walaupun jumlah kasusnya kecil sekali. Dibandingkan dengan memberikan imunitas, efek samping bagi beberapa orang tersebut angkanya sangat kecil.

Akan tetapi, beberapa negara Eropa segera menghentikan penyuntikan dari kedua vaksin tersebut. Mereka menunggu investigasi lebih jauh. Euforia penyuntikan vaksin mengalami kemunduran yang signifikan.

Eropa, Eropa, Eropa! Anda sedang berjuang keras memerangi Pandemi Corona. Sementara RRT, Australia, Selandia Baru, Jepang, Singapore, Korea Selatan, juga Indonesia, telah berhasil mengendalikan penyebaran virus Corona, Eropa masih bergelut sengit dengan Covid-19.

Eropa, Eropa, apakah Anda tidak mau mencoba Sputnik V dan Sinovac? Di banyak negara lain, kedua vaksin ini telah unjuk gigi dan dapat dipercaya. Apakah Anda masih mempertahankan gengsi Anda hanya karena itu produksi dari Rusia dan RRT? Marilah turunkan sedikit gengsi Anda! Bukankah New York Times telah memperingatkan Anda tentang hal ini pada 5 Februari 2021? Eropa, oh Eropa!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s