Alat Tes Baru RT-LAMP


Ada kabar gembira kemarin, tanggal 25 Maret 2021. Apa itu?  Kalbe Farma menggeluarkan penemuan terbaru mereka. Alat baru untuk mengetes Corona.

Alat diagnosis Corona baru ini bisa dinamakan RT-LAMP. Ia dapat disetarakan dengan RT PCR.

Caranya dengan mengambil air liur orang yang sedang diperiksa. Ini berarti nyaman bari orang yang diperiksa. Pemeriksaannya mudah, sederhana dan cepat.

Harga sekali tes dipatok 488.000 per orang. Untuk harga perkenalan sampai akhir Maret menjadi 400.000. Wow masih lumayan mahal keluh sebagian orang.

Memang dibandingkan Ge-Nose yang hanya 30.000, tentu ini masih mahal sekali. Dibandingkan lagi dengan tes antigen, alat tes baru ini juga masih lebih mahal.

Akan tetapi tunggu dulu, kita perlu membandingkan pula dengan PCR yang paling murah 800.000. dibandingkan PCR, maka harga 400.000 sudah berarti setengahnya saja. Murah dong!

Apa yang penting adalah, keakuratan tesnya sama dengan PCR. Harga uma setengahnya PCR. Hebatnya lagi, ia sudah bisa mendeteksi varian Inggris, B117. Luar biasa ya!

Sensitivitas pemeriksaan ini mencapai 94%. Sementara spesifikasitas dapat mencapai 98%. Keakurasian tergolong sangat tinggi.

Peluncuran RT-LAMP telah memperkaya variasi alat tes untuk Corona. Harga sudah dapat diturunkan menjadinya setengahnya dari PCR. Ini kabar yang menggembirakan. Perlahan-lahan semoga kita dapat meninggalkan ketergantungan pada PCR.

Corona telah menantang seluruh dunia. Corona juga menantang Indonesia. Hidup Kalbe Farma. Hidup NKRI. Selamat datang RT-LAMP! Masyarakat menyambut peluncuranmu dengan bahagia! Semoga bukan hanya Indonesia dapat menikmati alat ini. Negara-negara lain yang juga sedang berhadapan dengan Corona kiranya juga segera dapat menggunakan alat ini.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s