Lumbung Pangan

Satu tahun terakhir ini kita mulai akrab dengan frase lumbung pangan. Pada masa Pandemi Corona konsep lumbung pangan makin dipandang penting. Dalam bahasa Inggris bisa disebut sebagai food estate.

Dunia mengkhawatirkan wabah pandemi Covid-19 bisa berlangsung lama. Takutnya masuk ke dalam krisis pangan. Setiap hari manusia perlu makan. Entah lingkungan sekitar aman atau dalam bahaya, kita semua tetap butuh makan. Manusia butuh makan setiap hari.

FAO telah bersuara. Organisasi pangan dan pertanian sedunia dari PBB ini memperingatkan negara-negara untuk berwaspada kalau-kalau terjadi krisis pangan. Krisis pangan bisa melanda kawasan tertentu dan bahkan secara global.

Rusia mulai membatasi ekspor pangan mereka. Hal serupa diikuti oleh Ukraina dan negara-negara lain. Mereka hendak mengutamakan kebutuhan pangan dalam negeri.

Apa itu konsep lumbung pangan atau food estate? Disediakan kawasan khusus. Bisa seluas ratusan sampai ribuan hektar. Kawasan ini dikhususkan untuk pengembangan pangan. Food estate mencakup pertanian, perkebunan dan bahkan peternakan atau perikanan yang saling menunjang.

Makanan pokok penduduk negara itu pasti diutamakan. Lantas ditambah pula tanaman penunjang makanan pokok. Tak ketinggalan di sini dikembangkan hewan pedaging. Lalu ada pula sayur-sayuran dan buah-buahan.

Pengembangan lumbung pangan harus bergerak secara nasional. Proyek besar ini perlu direncanakan oleh negara. Masing-masing negara mempersiapkan cadangan pangan. Paling sedikit kebutuhan penduduknya sendiri tercukupi.

Bapak Ibu Saudara-Saudari sekalian, kita pun dapat berperan dalam lumbung pangan. Apabila Anda memiliki tanah kosong, tanamilah! Utamakan tanaman untuk kebutuhan pangan sehari-hari. Bisa mencukupi kebutuhan keluargamu sendiri sudah bagus. Siapa tahu kelebihan produksimu juga bisa dijual.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s