Sinar Surya Makin Penting

Di masa Pandemi Covid-19, banyak orang menyadari sinar matahari begitu penting. Tidak sedikit orang aktif berjemur sinar surya. Ada daerah tertentu, setiap pagi, berjejeran orang-orang berjemur di depan rumah masing-masing. Pemadangan yang indah sekali!

Vitamin D bukan hanya penting bagi tulang. Kecukupan Vitamin D amat menolong tubuh untuk menghadapi penyakit. Termasuk di sini perlu disebutkan yaitu TBC bahkan Corona. Perlu pemeriksaan untuk mengetahui kecukupan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D dalam tubuh perlu berada di kisaran minimal 40 dan maksimal 100.

Secara geografis, Indonesia terletak di daerah khatulistiwa. Setiap hari sinar matahari cemerlang. Artinya, kita tak kekurangan sinar surya. Total sepanjang tahun juga demikian. Nusantara berlimpah ruah sinar matahari.

Akan tetapi, di musim penghujan, kita menyadari, sinar matahari berkurang. Kalau cuaca sedang mendung terus, sinar matahari akan kurang sekali. Kondisi ini membuat kita semakin mencari kesempatan untuk bisa berjemur sinar surya.

Hasil pemeriksaan sebagian orang di Indonesia menunjukkan bahwa mereka kekurangan vitamin D. Realita ini amat mengherankan. Telusur demi telusur, banyak orang takut hitam dan takut berkeringatan. Mereka cenderung menghindari panas sinar matahari. Karena itu, tidak heran sebagian orang Indonesia kekurangan vitamin D.

Bagi mereka yang bekerja di lapangan setiap hari, tentu tak akan pernah kekurangan vitamin D. Lihatlah para buruh di pelabuhan laut, para petani di sawah, mereka yang berkebun setiap hari! Kulit mereka hitam, terkadang pekat. Kita menyebutnya hitam manis. Banyak di antara mereka bertubuh sehat.

Ada pula orang-orang tertentu, setiap pagi olah raga di lapangan terbuka. Mereka memakai topi dan kaos lengan panjang, lengkap dengan celana panjang. Mereka memang berolah raga. Gerak badan mereka cukup. Sayang sekali mereka masih kekurangan Vitamin D.

Mereka telah salah kaprah. Mestinya berolah raga jangan memakai topi. Mestinya celana panjang diganti dengan celana pendek. Mestinya kaos lengan panjang diganti kaos lengan pendek. Niscaya kebutuhan sinar mataharimu akan tercukupi setiap hari.

Mari kita galakkan berjemur sinar matahari! Kita upayakan setiap hari. Kalau tak bisa pagi, ya siang, atau tengah hari, bahkan sore. Jangan lewarkan hidupmu sehari pun tanpa berjemur sinar surya!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s