Aneka Ucapan Imlek

Orang-orang Tiongkok akan merayakan Imlek. Malam ini dimulai dengan makan keluarga. Biasa berkumpul di rumah orang tua, atau saudara tertua. Malam Tahun Baru Imlek sebutannya 除夕Chuxi.

Besok hari pertama Tahun Baru Imlek. Tahun ini jatuh pada 12 Februari. Imlek tahun ini akan dirayakan secara berbeda, bukan hanya di Tiongkok, bahkan di seluruh dunia di mana orang-orang Tionghoa tinggal.

Pandemi Corona menjadikan Imlek akan dirayakan secara sederhana. Intinya saja. Cukup hal terpenting. Banyak kegiatan akan dikurangi dan dibatasi. Orang-orang di Tiongkok dihimbau tidak pulang ke kampung halaman, kurangi bepergian. Indonesia juga serupa dengan itu.

Paling tidak, dalam Imlek, orang-orang tetap akan saling mengucapkan salam Imlek. Mesti menghindari ketemu langsung, masih bisa berkirim pesan. Kita masih bisa telepon, atau video call.

Ada banyak cara untuk mengucapkan Imlek. Beberapa yang teroenting akan kita catat di sini. Tentu perlu diuraikan pula maknanya.

Utamanya, 新年快乐 Xinnian Kuaile. Tahun Baru, bersukacita. Berbahagia pada tahun baru.

Ada juga banyak orang berucap 恭喜发财 Gongxi Facai. Artinya, selamat (hidup) makmur. Bisa pula diartikan selamat menjadi kaya.

Juga ada 万事如意 Wanshi Ruyi. Segala perkara terwujud. Maksudnya, apa yang direncanakan, semuanya terlaksana atau terjadi.

Teringat juga, 年年有余 Niannian Youyi. Setiap tahun ada kelebihan. Maksudnya, dari bisanis atau pekerjaan, mendapat keuntungan atau upah, tidak habis dikonsumsi, masih ada kelebihannya untuk disimpan.

Tak ketinggalan, 新年蒙恩 Xinnian Mengen. Artinya  Tahun Baru diberkati. Atau, diberikan karunia pada Tahun Baru. Ini terkesan rada rohaniah atau batiniah.

Rasa-rasanya lima ucapan di atas ini paling sering kita akan dengarkan. Di luar itu, tentu masih banyak cara untuk bisa menyampaikan ucapan selamat Imlek. Ayo, silahkan Anda pilih, mau memakai ucapan yang mana.

Berilah ucapan Imlek kepada orang tua, handai taulan, teman-teman! Anda bisa kirim SMS, pesan WA dan lainnya. Telepon langsung atau video call tentu akan lebih bermakna.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

2 tanggapan untuk “Aneka Ucapan Imlek”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: