Sikap Terhadap Tes Corona


Sampai sekarang sudah tersedia tiga macam tes untuk menguji seseorang tertular Virus Corona atau tidak. Masing-masing menurut kecepatan mengetahui hasilnya adalah Rapid Test, Swap Antigen dan PCR Swap. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Sebagian masyarakat bertanya-tanya: Apakah saya perlu melakukan tes Covid-19? Di satu pihak perlu biaya, di lain pihak untuk keperluan apa. Dilema ini perlu disikapi secara benar. Bagaimana seharusnya kita menimbang dan memutuskan bagi diri kita sendiri?

Kita perlu mengenal beberapa prinsip. Hal paling mendasar adalah apabila tubuh kita menunjukkan gejala-gejala yang mengarah pada mengidap Covid-19, sebaiknya kita melakukan pengetesan. Hal ini berguna untuk menjaga diri dan peduli pada orang-orang di sekitar kita.

Hal Berikut adalah apabila kita mengadakan perjalanan tertentu, lalu dituntut untuk melakukan tes, mau tidak mau kita perlu melakukannya. Kalau tidak, maka perjalanan kita akan terhambat. Ini berguna untuk berjaga-jaga terhadap orang-orang lain yang turut serta dalam perjalanan tersebut.

Hal terakhir, ada sebagian orang dengan sukarela mengadakan tes Corona. Hal ini sebenarnya tidak diperlukan.  Sepanjang tubuh kita sehat dan jarang berurusan dengan keramaian, secara umum kita akan berkesimpulan bahwa diri kita cukup sehat. Akan tetapi, apabila aktifitas kita sehari-hari menuntut banyak perjumpaan dengan berbagai macam orang, maka ada baiknya kita memeriksakan diri. Takutnya, kita sudah pernah tertular namun tanpa gejala. Hal ini bisa berakibat buruk pada orang-orang di sekitar kita.

Pada akhirnya, prinsip umum terhadap tes Corona adalah menjaga diri sendiri dan peduli pada orang-orang di sekitar kita. Kita berhadap diri sendiri tak pernah tertular. Kita berharap pula orang-orang dekat kita tak pernah tertular. Kiranya wabah Covid-19 dapat segera berlalu.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

3 tanggapan untuk “Sikap Terhadap Tes Corona”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: