Makan Ronde Paling Dingin?


Tanggal 21 Desember adalah hari Senin. Tiada hal yang khusus. Dalam kalender China hari itu adalah tanggal enam bulan sebelas. Hari itu dirayakan sebagai Dongzhi dalam bahasa Mandarin.

Di Tiongkok bagian utara, masyarakat merayakannya dengan makan jiaozi (dumpling). Di Tiongkok bagian selatan dirayakan dengan makan ronde (tangyuan). Orang-orang Tionghoa di Indonesia biasanya makan ronde dengan kuah jahe ditambah gula pasir atau pun gula merah.

Ada orang yang mengatakan Dongzhi paling dingin, sehingga perlu makan jiaozi ataupun ronde. Pendapat ini kurang tepat. Sekarang memang sedang musim dingin di China namun belum terdingin. Puncak musim dingin akan jatuh pada yang dinamakan sebagai Tiga Sembilan. Tanggal 21 Des dihitung hari pertama maka pada hari ke-27 itulah puncak musim dingin.

Lantas apa itu Dongzhi? Ada apa dengannya? Memperingati apakah? Dongzhi merupakan sebuah istilah dalam astronomi Tiongkok sementara Astronomi Barat menamakannya sebagai Winter Solstice.

Pada musim dingin, umumnya waktu siang akan lebih pendek. Jam malamnya lebih panjang. Pada hari Dongzhi ini maka jam malam atau jam gelap adalah terpanjang sepanjang tahun. Sesudah lewat Dongzhi maka perlahan-lahan jam malam akan kembali menuju sama panjang dengan waktu siang.

Indonesia berada di daerah dua musim. Jam terang dan gelap tak begitu terasa panjang pendeknya walaupun sebenarnya tetap ada perbedaaan. Tidak persis 12 jam siang dan 12 jam malam. Pada daerah empat musim panjang pendek waktu pada siang dan malam akan lebih terasa perbedaannya. Itulah sebabnya Dongzhi menjadi peringatan dan pertanda, apalagi bagi masyarakat agraris. Itulah Dongzhi! Mari makan ronde!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

3 comments

  1. Dongzhi adalah waktu di mana matahari berada di garis balik Selatan. Karena China terletak di belahan bumi utara, maka hari itu waktu matahari bersinar adalah yg terpendek dlm satu tahun.
    Mengapa itu bukan waktu terdingin? Karena bumi memiliki kapasitas menyimpan panas. Sehingga walaupun dongzhi adalah hari di mana daratan Tiongkok mendapat sinar matahari dng jk waktu terpendek, tetapi masih ada “simpanan” anas di bumi / tanah yg terus dilepaskan n menghangatkan bumi sendiri. Awal Januari adalah waktu di mana simpanan panas tsb semakin menipis sementara waktu penyinaran matahari masih pendek (walau bukan ‘ter’pendek), sehingga menjadi saat2 terdingin.

    Suka

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s