Kategori
Kesehatan

Gado-Gado, Pecel, Rujak Cingur, Lotek


Makanan apa paling populer di Indonesia? Isinya semua sayuran. Tidak ada daging sama sekali di dalamnya. Meskipun begitu, makanan ini disukai semua orang.

Jawabannya yang pertama bisa jadi adalah gado-gado. Ada orang yang menempatkan pecel dalam urutan nomor satu. Antara pecel dan gado-gado sulit dipilih salah satunya. Dari segi rasa, bumbunya punya ciri khas yang berbeda. Di dalam pecel ada kencur dan daun jeruk yang memberi rasa khas. Bumbu gado-gado tak mengandung kedua itu.

Selain gado-gado dan pecel, masih ada makanan sejenis lainnya. Masyarakat Sunda memiliki lotek dan karedok. Lotek lebih dominan bagi kebanyakan orang berhubung sayur-sayurannya telah direbus. Sementara karedok kurang disukai sebagian orang berhubung semua sayurannya mentah. Makanan khas Sunda ini tak kalah lezat dibandingkan pecel dan gado-gado.

Satu lagi perlu disebutkan di sini. Rujak cingur! Kadang ada yang lebih suka rujak petis. Penulis secara pribadi suka keduanya, baik rujak cingur maupun rujak pecis. Ada sedikit catatan kecil, setiap kali memesan rujak cinggur, saya pesan yang tidak pakai cingur.

Apa istimewanya empat atau lima makanan ini? Isinya semua sayur-sayuran. Kaya sekali vitamin dan mineral! Bumbunya yang membuat enak. Bisa makan pedas dan dapat pula tak pedas. Tambah lontong atau nasi, sudah kenyang dan sehat. Ada pula yang suka ditambah dengan krupuk. Ayo makan gado-gado! Ayo makan pecel! Ayo makan lotek atau karedok! Ayo makan rujak cingur atau rujak petis!

5 replies on “Gado-Gado, Pecel, Rujak Cingur, Lotek”

Tinggalkan Balasan