Makanan Legendaris Indonesia

Masakan apa yang terkenal seantero Nusantara? Jawabannya bisa bermacam-macam. Pertanyaan tadi kita pertajam dengan: Restoran apa yang terdapat di mana-mana di Tanah Air, dari kota sampai desa bahkan pelosok? Anda mau tahu jawabannya? Nasi Padang! Lihatlah restoran, warung, gerobakan, makanan apa yang dapat ditemui di mana-mana dan digemari nyaris oleh setiap orang. Nasi Padang!

Apa pilihan utama Anda tatkala makan nasi Padang? Umumnya, paling sederhana dan sedap orang-orang akan memilih rendang tambah bumbunya, lalu daun singkong dan sambal. Itu saja sudah cukup, tambah nasi panas tentunya. Kita akan makan dengan lahap dan nikmat bukan?

Di luar rendang, masih banyak daging lain di nasi Padang: aneka ikan, ayam, udang, cumi. Masakannya pun bervariasi, kuah kari, goreng, panggang/bakar dan rebus, kadang juga mentah. Membayangkan semua itu sudah terasa lezat di lidah. Saya pribadi, bila makan nasi Padang, bisa makan banyak nasinya, sementara makanan lain yang saya paling suka pun, sebentar dan sepiring juga sudah kenyang. Ini salah satu hal rahasia di dalam nasi Padang.

Apa yang menjadikan nasi Padang nikmat, lezat dan lahap? Aneka bumbu dan rempah! Variasi bumbu di dalamnya. Kelapa atau santan nyaris tak terelakan dari nasi Padang. Sajian sambal hijau dan merah sering juga menjadi incaran konsumen. Sayur-sayurannya tergolong sangat sederhana: daun singkong rebus, timun mentah, nangka muda atau kol masak santan dan lainnya.

Inilah makanan legendaris di Nusantara.  Orang-orang yang menyukai mencapai 99%. Dari anak muda, paruh baya sampai kaum manula. Mari makan nasi Padang! Tentu masing-masing orang tidak boleh meremehkan kesehatan dan sakit penyakit yang telah diidapnya.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

5 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s