Kertas Kuarto Bisa Dihemat


Kertas kuarto banyak digunakan di kantor, kampus dan pabrik. Kita semua tahu bahwa selembar kertas kuarto memiliki dua sisi atau dua halaman. Pada umumnya, kertas kuarto hanya kita gunakan satu sisi atau satu halaman. Lalu kertas itu akan didokumentasi atau dibuang begitu saja.

Dilema lain, mahasiswa menulis skripsi, tesis dan disertasi memakai banyak sekali kertas kuarto. Hal sama terjadi, hanya satu halaman atau satu sisi digunakan. Sisi atau halaman lainnya kosong. Dari awal penulisan, pemeriksaan dan revisi oleh dosen sampai naskah final penjilidan, hanya satu sisi atau satu halaman yang digunakan. Satu sisi atau halaman lain kosong melompong.

Marilah kita memikirkan jalan keluar tentang penggunaan kertas ini. Ada hal yang menarik saya jumpai di Tiongkok. Mahasiswa menulis skripsi, tesis dan disertasi, tidak ada yang menulis hanya pada satu sisi atau satu halaman kertas. Dari draft awal, revisi sampai penjilidan, baik skripsi, tesis maupun disertasi akan dicetak dua sisi atau dua halaman bolak-balik. Bukan itu saja, jarak antar baris dari skripsi, tesis dan disertasi bukanlah dua spasi, melainkan satu spasi. Jadi bolak-balik pemakaian kertas kuartonya dan jaraknya satu spasi. Ini menjadi penghematan kertas kuarto yang hebat sekali.

Mengenai penggunaan kertas di kantor dan pabrik, di beberapa kantor dan perusahaan sudah saya jumpai, kertas kuarto yang satu sisinya masih kosong, masih dapat digunakan untuk kebutuhan intern. Sepanjang isi dari sisi yang ada tulisan tidak bersifat rahasia, maka mereka akan memakai satu sisinya lagi untuk print maupun untuk membuat konsep surat dan pemanfaatan lainnya.

Bapak Ibu dan Saudara-Saudariku sekalian, marilah kita mencari solusi untuk mengatasi pemborosan kertas kuarto! Kertas kuarto terdiri dari dua sisi atau dua halaman. Sebisa-bisanya, kedua sisi atau kedua halaman bolak balik tersebut dapat dimanfaatkan secara efektif, efisian dan maksimal. Kita perlu bergerak untuk mengatasi penggunaan kertas kuarto. Sudah terlalu banyak kertas kuarto diboroskan begitu saja! Marilah bertindak secara konkrit!

5 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s