Kategori
Kesehatan

Stress Ancam Kesehatan


<p class="has-drop-cap" value="<amp-fit-text layout="fixed-height" min-font-size="6" max-font-size="72" height="80">Makin hari makin banyak orang bekerja ke kota seiring dengan urbanisasi. Di satu pihak lapangan pekerjaan di kota banyak. Di lain pihak pendapatan di kota lebih menjanjikan.Makin hari makin banyak orang bekerja ke kota seiring dengan urbanisasi. Di satu pihak lapangan pekerjaan di kota banyak. Di lain pihak pendapatan di kota lebih menjanjikan.

Sebenarnya bekerja ke kota menghadapi resiko-resiko yang nyaris tak terelakkan. Setiap hari kita menghadapi resiko dalam pekerjaan-pekerjaan. Hal paling menyolok mata adalah stress atau tekanan hidup. Pekerjaan-pekerjaan di kota penuh dengan kompetisi. Belum lagi target-target yang ditentukan oleh atasan. Yang tak kalah mengerikan adalah sikut sana sikut sini dari sesama rekan sekerja. Suasana kerja sedemikian menambah stress pada manusia yang bekerja di kota.  Tentunya masing-masing orang juga masih memiliki pergumulan hidup dan tuntutan hidup tersendiri yang sudah cukup untuk mendatangkan stress baginya.

Sebagian penyakit disebabkan oleh bakteri dan virus. Sebagian lagi karena kecelakaan dan bencana yang kadang tak bisa dielakkan atau dihindari. Di luar itu, sebagian penyakit diakibatkan oleh stress atau tekanan hidup yang berat. Stress sedikit demi sedikit ditimbun dan disimpan. Lama-kelamaan stress akan mengerogoti tubuh kita. Awalnya hanya persoalan psikis dan psikologis. Lambat laun kesehatan kita terganggu. Ahli medis menyebutkan bahwa tidak sedikit penyakit manusia diakibatkan oleh stress atau tekanan hidup.

Saudara-Saudariku sekalian, biarlah sekarang kita menyadari diri akan bahaya stress. Di satu pihak stress mendorong kita untuk maju dan terus berjuang untuk hidup. Di lain pihak, stress yang lewat batas akan merusak kesehatan kita. Marilah mengamati diri kita sendiri. Apakah stress atau tekanan hidup yang engkau alami selama ini masih dalam batas wajar? Atau jangan-jangan stress itu sudah melampaui ambang batas kemampuanmu untuk menahannya. Carilah penyebab stress atau tekanan itu! Atasilah stress itu ataupun hindarilah bahkan hilangkan stress yang tidak perlu! Jika lingkungan kerja menyebabkan stress dan sudah tak teratasi, mungkin Anda perlu meninggalkannya dan mencari pekerjaan baru! Bila lingkungan rumahmu mengakibatkan stress dan tak teratasi, mungkin Anda perlu mencari tempat tinggal baru. Apabila kota tempatmu hidup dan bekerja menyebabkan stress dan tekanan yang tak teratasi, mungkin Anda perlu keluar dan pindah dari kota itu!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

2 replies on “Stress Ancam Kesehatan”

Tinggalkan Balasan