Belajar dari Joseph Tong (bagian 7)


Selain menuntut diri untuk maju, berkembang dan meluas wawasannya, Pak Joseph juga rindu mendorong dan membimbing orang-orang untuk maju, berkembang dan meluas wawasannya. Tak jarang memberikan dorongan, beliau terkadang secara aktif mencarikan jalan bagi orang-orang untuk maju. Orang-orang yang berurusan dengan beliau, entah Kristen maupun non-Kristen, baginya, setiap orang perlu maju dalam kehidupannya di segala bidang.

Ada satu pengalaman menarik tentang hal ini. Tatkala penulis masih belajar Mandarin di Xi’an, China, beliau pernah memberikan ceramah di Shaanxi Normal University. Di sela-sela waktu itu, penulis dan istri sempat menemani beliau makan di restoran sederhana dekat kampus. Sewaktu sedang makan, kami mendapati seorang anak perempuan pelayan di restoran tersebut. Sewaktu menghidangkan pesanan makanan kami, beliau bertanya tentang latar belakang, keluarga dan pendidikan di gadis kecil. Rupanya si gadis kecil berasal dari daerah Barat Daya China. Dia hanya lulus sekolah dasar lalu datang ke Xi’an bekerja sebagai pegawai restoran. Langsung saja Pak Joseph menanyakan apakah hendak melanjutkan sekolah. Sesudah si gadis kecil mengiyakan, maka Pak Joseph meminta nama, alamat rumah, dan kontak di kampung halamannya. Pak Joseph menganjurkan agar dia segera pulang dan sekolah di kampung halaman. Masalah biaya akan dibantu nantinya.

Sesudah satu dua minggu meninggalkan Xian maka beliau meminta penulis untuk memeriksa ke restoran tersebut untuk memastikan bahwa si gadis kecil betul-betul sudah pulang kampung. Selanjutnya ada orang lain di China diminta oleh beliau untuk kontak pada keluarga si gadis di kampung halaman. Akhirnya si gadis kecil benar-benar melanjutkan sekolah ke jenjang SMP dan bantuan dari Pak Joseph.

Bagi Pak Joseph, si gadis kecil sepantutnya melanjutkan sekolah, bahkan paling tidak hingga SMU. Itu merupakan pendidikan minimal yang perlu dimiliki setiap orang untuk dapat menapaki fase-fase kehidupannya kelak. Si gadis kecil perlu maju dan berkembang. Si gadis kecil perlu didorong dan bahkan ditolong dengan bantuan biaya pendidikan.

Beliau akan bahagia melihat orang bisa maju dan berkembang. Entahkah di kemudian hari si gadis kecil masih mengingatnya atau pun tidak, yang penting melihat si gadis kecil berkembang telah merupakan suatu kebahagian dalam hidup. Sebagai orang-orang yang telah dewasa dan mandiri, marilah kita mendorong dan mendukung orang-orang tak berdaya untuk dapat maju dan berkembang. Jangan sekali-kali menghalangi orang-orang di sekitar kita untuk maju dan berkembang. Sebisa-bisanya, marilah kita membimbing mereka untuk maju dan berkembang serta meluas wawasannya. Kiranya kemajuan mereka memberikan kebahagiaan bagi kita bahwa ada seorang manusia lagi yang sedang maju dan berkembang dalam hidupnya.

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s