Kategori
Tong Useful link

Belajar dari Joseph Tong 6/7


Oleh Hali

Sebagian besar orang mengenal Bapak Joseph Tong sebagai seorang dosen, profesor, mantan rektor di ITS dan STTB. Sebagian orang lagi mengenal beliau sebagai seorang pendeta, pengkhotbah dan penceramah. Sangat sedikit orang yang mengenal beliau sebagai seorang konselor dan psikolog.

Ada pun latar belakang pendidikan beliau didahului dengan sekolah teologi di Indonesia dan USA. Sesudah itu beliau mengambil master untuk bidang teologi yang dilanjutkan dengan MBA dalam bidang ekonomi bisnis. Program S3 yang diambilnya, bukanlah teologi maupun bisnis. Doktoral beliau berasal dari bidang psikologi pendidikan. Tak boleh dilupakan pula bahwa Bapak Joseph Tong juga adalah seorang psikolog/psikiater dengan surat izin resmi. Selama di USA beliau pernah praktek sebagai seorang psikolog.

Berkenaan dengan psikolog/psikiater, sesudah tidak praktek psikolog lagi, maka keahlian tersebut tetap digunakan untuk menolong atau membimbing orang-orang. Setiap kali apabila sedang mengajar ke Bandung, ada saja beberapa orang jemaat yang telah mengatur janji pergi ke asrama untuk meminta konseling.

Umumnya orang-orang tersebut berasal dari gereja di Bandung yang sudah coba ditanggani dan tidak mendapatkan jalan keluar yang benar. Begitu beliau ke Bandung maka jemaat-jemaat tersebut dirujuk kepada Bapak Joseph Tong.

Orang-orang dengan aneka permasalahan telah dikonselingnya. Persoalan-persoalan mereka amat bervariasi: harta warisan, LGBT, pisah rumah sampai perceraian.

Tak jarang sesudah permasalahan orang-orang yang dibimbingnya telah teratasi, beliau menceritakan kepada penulis duduk persoalan dan prinsip-prinsip penangganannya. Tentu hal ini merupakan privasi orang dan bukan untuk diceritakan. Tampaknya Bapak Joseph Tong hanya ingin berbagi pengalaman menanggani persoalan agar penulis pun dapat belajar sesuatu dari kasus-kasus yang telah ditangganinya.

Terima kasih kepada Pak Joseph Tong yang telah berkenan berbagi dan mempercayakan pengalaman-pengalaman dalam menanggani atau mengkonseling orang-orang. Kiranya suatu waktu pun apabila ada orang yang menghadapi persoalan-persoalan serupa, penulis dapat menerapkan prinsip-prinsip penting untuk membimbing dan menolong mereka.

Oleh karena penulis bukan psikolog atau sejenis itu, tentu tak berwenang untuk memberikan pelayanan konseling. Akan tetapi, masih ada hal yang bisa kita perbuat. Kita masih dapat memberikan pelayanan pastoral care. Inilah yang bisa kita kerjakan

3 replies on “Belajar dari Joseph Tong 6/7”

Tinggalkan Balasan