Subsehat


Pada umumnya kebanyakan orang beranggapan bahwa jika dirinya tidak sedang jatuh sakit atau rawat inap di rumah sakit maka berarti dirinya dalam kondisi sehat. Hampir sama dengan itu, pandangan orang kebanyakan mengatakan: seandainya setiap hari masih bisa pergi bekerja atau pergi sekolah maka kondisi itu menerangkan bahwa dirinya tidak memiliki penyakit apa pun. Meskipun pendapat ini cukup baik, kita tidak boleh berpikir sesederhana itu. Sejujurnya, apakah diri sendiri sehat atau sakit, diri kita sendiri tahu jelas. Apakah diri sendiri sehat atau sakit, dokter juga tahu jelas, tentu mesti terlebih dahulu melalui pemeriksaan kesehatan.

Pada kenyataan, ilmu kedokteran menerangkan bahwa ada satu kondisi yang berada di tengah-tengah antara sehat dengan sakit, yang dinamakan sebagai subsehat. Apa yang dimaksud dengan subsehat adalah tidak sedang jatuh sakit dan juga tidak berada dalam keadaan yang sehat. Dengan kata lain, di satu pihak, badan kita tidak sepenuhnya sehat, tak seutuhnya prima, di lain pihak juga tidak sedang jatuh sakit, tak sedang dirawat inap di rumah sakit. Secara singkat, setengah sehat dan setengah sakit. Sebenarnya, subsehat hendak menerangkan badan yang tidak cukup sehat. Sesudah kita mengenal konsep subsehat maka orang-orang harus lebih berwaspada dengan kesehatan badan masing-masing.

Ada sebuah statistik hasil penelitian menyatakan, 30% orang sedang hidup di dalam kondisi subsehat. Permisi tanya: Apakah Anda sedang hidup dalam keadaan subsehat? Jangan-jangan Engkau termasuk salah seorang di antara yang 30% tersebut? Setiap orang mesti dengan serius memikirkan, menjawab dan menghadapi pertanyaan tersebut. Janganlah kita menjalani hidup kita masing-masing secara sembrono lagi!

One comment

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s