Kategori
Lingkungan hidup

Penemuan Yang Paling Mencelakakan


oleh Hali

Kantong kresek sudah sulit terlepas dari hidup sehari-hari manusia masa kini. Ia telah menjadi satu kebutuhan yang tak terpisahkan dari hidup kita. Belanja memakai kantong kresek. Buang sampah membutuhkan kantong kresek. Bahkan kini telah tersedia pula jas hujan yang terbuat dari kantong kresek. 

Di Daratan Tiongkok, pemakaian kantong kresek teramat banyak setiap harinya. Saking pusingnya menghadapi kantong kresek, masyarakat di sana menjulukinya sebagai “Kantong kresek adalah penemuan manusia yang paling mencelakakan (塑料袋是世界上最糟糕的发明).”

Di satu pihak, penemuan kantong kresek merupakan prestasi besar dari umat manusia. Pada waktu yang sama, merupakan penemuan berharga bagi manusia. Kantong kresek memberikan banyak kemudahan dalam urusan bungkus-membungkus. Ia ringan, kecil, tipis namun dapat mengisi dan membawa cukup banyak barang.

Namun di lain pihak, permasalahannya, sampah dari kantong kresek akan mengakibatkan polusi tanah dan polusi air. Kantong kresek tak akan terdaur hingga lima puluh tahunan. Tidak berlebihan kantong kresek disebut-sebut sebagai penemuan yang paling mencelakakan. Amat mengerihkan!

Selesai dipakai sekali lantas dibuang. Istilah kerennya disposable. Kantong kresek akan mencelakakan umat manusia dan juga makhluk hidup lainnya.

Apa yang mesti kita lakukan terhadap kantong kresek? Masih adakah yang bisa kita perbuata? Ataukah kita hanya bisa menyerah pada nasib?

Coba pertimbangkan beberapa langkah praktis berikut! Sebisa-bisanya mengurangi pemakaian kantong kresek, terutama kantong kresek sekali pakai lantas langsung buang. Kantong kresek perlu dipakai bebeberapa kali, atau bahkan berkali-kali. Supermarket-supermarket mulai mengambil kebijakan praktis: kantong kresek tak diberikan gratis namun dijual. Hasilnya, penurunan drastis pemakaian kantong kresek. Lumayan menggembirakan!

Kita perlu mengupayakan daur ulang kantong kresek. Teknologinya tidaklah sulit untuk didaur ulang. Letak persoalan lebih pada penggumpulan kantong kresek bekas. Manusia harus mengupayakan daur ulang kresek, sebagaimana kita mendaur ulang produk plastik lain.

Sesungguhnya, bukanlah tidak mungkin untuk menghentikan sama sekali pemakaian kantong kresek. Manusia berhenti menggunakan kantong kresek. Wow, kita akan kembali ke zaman dahulu kala? Relakah kita? Siapkah kita? Marilah kita bergerak berbuat sesuatu untuk mengatasi masalah kantong kresek!

Kantong kresek sayang, kantong kresek malang. Apakah yang hendak Anda perbuat terhadap kantong kresek? Jangan tinggal diam saja! Pikirlah baik-baik dan bertindaklah sesuatu untuk mengatasi persoalan kresek!

4 replies on “Penemuan Yang Paling Mencelakakan”

Tinggalkan Balasan