Kategori
Health Kesehatan

Minuman Sehari-Hari


Oleh Hali

Setiap manusia butuh minum air putih setiap hari. Secara umum, dunia medis menganjurkan minum air putih sekitar dua liter dari pagi sampai malam.

Selain manusia, hewan pun butuh air. Hal yang sama juga dibutuhkan oleh tumbuhan. Pendek kata, semua makhluk hidup sangat membutuhkan air putih.

Secara kimiawi, air putih bersih yang kita minum sehari-hari hendaklah mencapai pH 6-7. Pada umumnya, Air putih dengan pH di bawah 6 kurang baik bagi makhluk hidup sebab keasamannya tinggi, sebaliknya air putih dengan pH di atas 7 pun kurang baik karena kebasaannya tinggi.

Sayangnya tidak semua orang menyadari kebutuhan akan air putih. Ada sebagian orang gemar minum teh. Setiap hari tidak lepas dari minum teh, bisa teh manis dan bisa teh tawar. Ada pula orang yang gemar minum kopi. Bukan hanya pagi hari minum segelas kopi, siang, sore dan malam pun masih terus minum kopi.

Seorang rekan dosen pernah bercerita tentang teman karibnya seorang wartawan yang sehari-hari hanya minum kopi. Harus diakui bahwa ada sebagian orang yang sehari-hari tak henti minum teh atau kopi. Bagi mereka, yang namanya minuman ya kopi, atau ya teh. Orang-orang tersebut akan berkata: No Way, pada air putih. Kebiasaan-kebiasaan minum seperti ini sangat berbahaya.

Masih ada lagi jenis orang lain dalam hal minum. Mereka minum minuman ringan. Bisa itu Coca Cola, Sprite, Pepsi, Nutrisari, sirup dan segala jenisnya itu. Penulis mempunyai seorang teman yang minumnya Cola Cola melulu, tidak atau jarang sekali minum air putih dan minuman lain apa pun. Kebiasaan-kebiasaan minum seperti ini sangat berbahaya.

Apabila engkau gemar minum kopi, minumlah segelas di pagi hari saja. Apabila engkau gemar minum teh, minumlah hanya segelas di pagi hari. Untuk siang, sore dan malam, engkau bisa memilih minuman jus buah. Sebisa-bisanya bukan jus buah sirup namun jus buah segar.

Akan tetapi, walaupun jus buah sangat baik bagi kesehatan, kita tetap perlu minum air putih setiap hari. Kembali kepada hal yang paling hakekat dan prinsipil, minuman manusia yang tidak boleh tidak diminum setiap hari adalah air putih. Setiap hari, kita membutuhkan minum air putih bersih, minuman-minuman lain tidaklah penting. Air putih harus diminum, minuman lain boleh ada dan boleh tidak.

Anda minuman Anda setiap hari? Minuman ringan? Teh atau kopi? Silahkan saja diminum tetapi jangan pernah lupa dengan minum air putih! Semoga kesehatan Anda tetap prima. Lanjut usia dan sehat selalu!

7 replies on “Minuman Sehari-Hari”

Tinggalkan Balasan