Kategori
Kesehatan

Makanan Sehari-Hari


Oleh Hali

Orang Madura mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokok. Beberapa daerah Indonesia Timur menjadikan sagu sebagai makanan pokok. Ada pula daerah yang menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Sebagian besar masyarakat Indonesia makanan pokoknya nasi.

Di luar Indonesia, orang-orang Barat mengkonsumsi gandum dan jagung. Sebagian daerah di China mengkonsumsi mantao, mie, bihun, pangangan gandum dan lain sebagainya. Barat banyak mengkonsumsi olahan gandum dan kentang.

Selain makanan pokok, manusia masih menambahkan berbagai jenis makanan ke dalam menu hidangannya sehari-harinya. Jenis-Jenis yang paling umum terdiri dari tiga macam: lauk-pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Ada lauk-pauk yang dikonsumsi secara mentah dan ada yang dimasak dahulu. Ada sayur-sayuran yang dikonsumsi secara mentah dan ada yang dimasak dahulu. Mengenai buah-buahan, pada umumnya matang di pohon yang dikonsumsi. Hanya sedikit buah-buahan yang perlu dimasak dengan api karena dipetik dalam kondisi mentah dari pohon.

Jadi, ada empat jenis makanan sehari-hari kita. Keempat tersebut terdiri dari makanan pokok, lauk, sayur dan buah.

Kita perlu memfokuskan perhatian hanya pada makanan pokok ditambah tiga jenis makanan yang menemani makanan pokok. Kelezatan makanan banyak bergantung pada cara pengelolaan dan bumbu-bumbu yang ditambahkan.

Pada prinsipnya, kesemua empat jenis makanan itu hendaklah sealamiah mungkin. Makin alamiah akan semakin kaya gizi dan tentunya sehat. Makanan semakin diolah akan semakin kehilangan gizi dan kurang sehat. Semakin banyak proses dan semakin tinggi pengelolaannya maka akan semakin hilang kandungan gizi yang penting sehingga yang tinggal hanyalah makanan sampah (junk food).

Bagaimana dengan makanan-makanan di luar keempat jenis di atas? Sehari-hari kita masih bertemu dengan aneka lezatnya makanan seperti biskuit, kue, snack ringan dan sederetan lain yang masih bisa terus diperpanjang.

Pada dasarnya, manusia tidak membutuhkan semuanya ini. Apabila Anda hendak mengkonsumsi makanan kecil, carilah yang sealami mungkin dan makanlah begitulah selesai sarapan, makan siang dan makan malam. Sepanjang keempat jenis makanan di atas sudah memadai kita konsumsi setiap harinya maka pada dasarnya Anda akan hidup sehat untuk menjalani aktifitas hari-hari Anda. Hanya empat jenis makanan yang kita butuhkan setiap harinya.

12 replies on “Makanan Sehari-Hari”

Tinggalkan Balasan