Kategori
Kesehatan

Menghirup Udara Bersih


Bernafas adalah kebutuhan manusia setiap waktu, setiap jam, setiap menit bahkan setiap detik. Kita membutuhkan udara untuk bernafas. Kita membutuhkan udara bersih untuk bernafas. Tak seorang pun boleh menyepelekan perkara bernafas guna mendapatkan udara bersih secara memadai. Manusia menghirup udara bersih setiap saat.

Kian hari udara bersih terasa kian sulit didapatkan. Kita hanya butuh O2! Seiring dengan kemajuan zaman, udara semakin terpolusi. Asap pabrik, gas buangan motor & mobil, sampah bertumpuk dan tak teratasi, semua itu merusak kualitas udara bersih. Di metropolitan, kota dan pinggiran, udara bersih sudah terpolusi. Polusi udara di banyak tempat telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan! Pandemi Covid-19 sedikit memperbaiki kualitas udara di sekitar kita. Cuma sedikit doang loh ya. Lumayanlah!

Bagaimanakah kita semua menghadapi realitas polusi udara di sekitar kita masing-masing? Apa daya dan upaya kita? Berbuat sesuatu apa? Mulailah dengan upaya penghijauan! Manfaatkan sekecil apa pun lahan yang ada! Bercocok tanamlah! Tanamannya lebih bervariasi akan lebih baik. Sembari dengan hijauisasi, jangan lupa mengurangi polusi udara apabila selama ini Saudara-Saudari telah banyak berbagian mengakibatkan terjadi pencemaran udara. Kurangi, kurangi, dan kurangi lagi, sampai suatu hari Anda dapat menghentikan sama sekali polusi udara akibat perbuatan Anda sendiri!

Akhir pekan dapat digunakan untuk bepergian ke pinggiran bahkan desa sekitar. Nikmatilah udara bersih di sana! Setiap kali Anda mengunjungi kawasan-kawasan dengan udara bersih, ambillah waktu untuk menarik nafas dalam-dalam. Tenangkanlah diri Anda  masing-masing, tariklah nafas, hiruplah udara bersih di situ! Hembus perlahan udara di dalam perut keluar melalui mulut! Tarik nafas lagi dalam-dalam melalui hidung! Itulah yang dinamakan menghirup udara bersih. Jikalau Engkau tidak berupaya untuk menghirup kandungan O2 bersih dari udara maka suatu hari mungkin saja Anda harus menghirup O2 dari tabung oksigen di rumah sakit. Semoga kualitas udara yang kita hirup sehari-hari banyak yang bersih.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

7 replies on “Menghirup Udara Bersih”

Tinggalkan Balasan