Istirahat dan Tidur

oleh Hali

Manusia membutuhkan istirahat. Manusia juga memerlukan tidur. Tidur merupakan bentuk istirahat yang paling lengkap & sempurna, Dalam hal ini tidur Anda diharapkan dapat mencapai lelap, pulas, cukup dan tak terganggu.

Penemuan listrik dan lampu menjadikan manusia melawan kebutuhan untuk istirahat dan tidur. Malam hari masih dapat digunakan secara produktif  bahkan mengurangi, membuang dan menghilangkan waktu istirahat dan tidur. Belum lagi, makanan dan minuman ini itu dapat memperkuat stamina, memicu semangat sehingga tak perlu beristirahat.

Prinsip yang paling fundamental adalah bekerja atau sekolah dan istirahat. Adanya cahaya matahari mempersiapkan manusia untuk bekerja atau sekolah. Adanya cahaya bintang dan bulan mempersiapkan manusia untuk istirahat (tidur).

Memperhatikan keseharian hidup 24 jam manusia, istirahat dan tidur dapat dibedakan dua macam: istirahat atau tidur pada malam hari dan istirahat atau tidur pada sore hari.

Antara tengah hari sesudah makan sampai jam makan malam, upayakan sebisa mungkin untuk istirahat atau tidur barang 15 sampai 30 menit. Apabila melebihi 30 menit, bukannya tidak bagus. hanya ada dampaknya. Pada malam hari akan menjadi sulit untuk tidur.

Istirahat atau tidur pada malam hari tidak boleh digantikan oleh apa pun. Dunia kedokteran menganjurkan 7-8 jam. Angka ini merupakan rata-rata bagi kebanyakan orang yang masih produktif:, yang sedang sekolah dan bekerja.

Bagi bayi, kanak-kanak dan orang tua, tidak cocok mengikuti gambaran di atas. Bayi dan kanak-kanak sedang dalam proses dilatih menuju kebiasaan tidur orang dewasa. Bagi orang tua, tak jarang kembali menuju pola tidur kanak-kanak.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

5 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s